Minggu, 30 September 2012

All About Leopard Gecko Care Sheet


Apakah Anda benar-benar ingin mengembangbiakan Leopard Gecko Anda?Tapi bingung harus bagaimana perawatannya..

     Pertanyaan ini nampaknya sederhana tapi sering tidak dipertimbangkan oleh orang2. Ada beberapa Hal yang harus dipertimbangkan sebelum kamu mem-breed LG kamu :
  1. Pertama, apakah Anda memiliki ruang untuk keturunan mereka nantinya? Leopard Gecko adalah hewan yang sangat subur. Jika Anda tidak memiliki tempat untuk merawatnya, anda hanya akan membuat si gecko kesulitan menyesuaikan diri, nampaknya Anda sudah dapet bayangan..:D
  2. Kedua, apakah Anda memiliki persediaan makanan yang cukup dan kandang untuk baby LG? Tipikal Leopard Gecko yaitu akan memproduksi sekitar belasan pasangan telur setiap musim, jumlah total sekitar dua lusin anak. Mereka semua memerlukan tidak sedikit kandang dan tidak sedikit makanan!
  3. Ketiga, apakah Anda menginginkan resiko berat pada kehidupan Leopard Gecko Anda?Breeding Leopard Gecko bukan tanpa resiko. MDB dan Crypto cukup umum dan merupakan resiko kesehatan yang mungkin memerlukan perhatian khusus.. Jika tidak diperhatikan secara seksama dalam kesehatan, LG anda bisa menjadi sangat lemah dan pada akhrnya kematian juga menjemput
Nah pada bagian ini akan di ulas sedikit tentang perawatan/perkembangbiakan LG. Jika Anda masih ingin mereka berkembang biak, baca terus!


Makanan dan Diet
Pakan utama leopard gecko adalah serangga. Serangga yang paling umum tersedia adalah jangkrik, ulet hongkong, ulet jerman, cacing lilin dan cacing sutera.  Anda harus “gut load’ pakannya sebelum diberikan pada LG. “Gut loading” adalah memastikan bahwa pakan diberi makan dengan baik. dengan cara ini mereka melewati jumlah maksimum nutrisi ke LG. Pemberian makan :
terutama - jangkrik (3-8 ekor per hari), JANGAN LUPA GUTLOAD DULU (oatmeal, kentang, wartel)
tambahan - ulat hongkong, ulat bambu, kecoa, belalan, dan serangga laen-laen

Suplemen
Suplemen yang dalam hal ni berbentuk vitamin dan kalsium. Kalsium adalah mineral yang paling penting dan harus tersedia bagi gecko. Serangga pengumpan juga harus dilapisi dengan bubuk kalsium sebelum makan. Vitamin juga merupakan bagian penting dari diet gecko, penggunaannya bisa dengan cara di mix dengan kalsium.
Pemberian Suplemen :

calcium : beri 2 sampai 3 kali seminggu secara dusting (bedakin mekanan dengan calcium) ato kalsiumnya ditaruh dalam wadah, nanti si gecko akan menjilat2 kalsium dari wadah tsb. multivitamin : beri 2 sampai 3 kali seminggu secara dusting(bedakin mekanan dengan multivitamin powder), atau ditaruh di wadah juga.
*sebaiknya pakai suplemen dari produk untuk reptil.
*pemberian kalsium dan vitamin bisa dilakukan dengan cara di mix (50:50)


Kandang dan habitat
Akuarium atau terrarium paling cocok dijadikan sebagai kandang dari leopard gecko. Kandang kaca sudah tersedia dan relative murah. Sebuah aturan yang baik adalah 10 galon per ekor gecko.jadi, jika memiliki dua ekor gecko 20-30 galon akan bekerja dengan baik. Sebuah penyaring diatas akuarium atau terrarium juga diperlukan. Ini akan mencegah gecko untuk melarikan diri dan mencegah hewan lainnya menggganggu gecko. sebaiknya pake 45cm x 30cm x 20cm (panjang,lebar,tinggi)
setiap gecko dewasa .. kalo untuk betina yang mo bertelor lebih besar lebih baik ...
gecko bisa digabung delam satu box asal hukuran rata2 sama.TIDAK BOLEH TARUH 2 JANTAN DALAM 1 kandang.

Dekorasi dan perlengkapan (alas, wadah)
Dalam dekorasi diperlukan adanya substrat. Beberapa substrat yang biasa di gunakan, anatara lain Zeolit (jenis tepung ato biasa nomer 0), Dolomi, Kalsit, Kaptan, Towel Tisu, dan koran. Sebuah tempat untuk bersembunyi LG  juga diperlukan. Kandang juga akan membutuhkan wadah makanan, wadah kalsium/vitamin dan air minumnya. Pastikan bahwa semua dekorasi aman/tidak berbahaya untuk gecko.

Pencahayaan dan pemanasan
Leopard Gecko membutuhkan suhu kandang sekitar 27-32 °C. Sebuah lampu dengan bola lampu pijar biasa di satu sisi kandang akan dapat menghangatkan suhu kandang. Jangan menggunakan batu panas. Gecko mungkin tidak tahu jika suhu terlalu panas dan bisa terbakar. Gecko membutuhkan akses ke daerah basah untuk membantu pelepasan suhu badannya.

Membersihkan kandang
Membersihkan kandang leopard gecko cukup cepat dan mudah. Kotoran mereka kering dan solid. Leopard Gecko adalah makhluk yang biasa buang air di tempat yang sama. Gunakan jaring ikan, skop atau sendok untuk membersihkan kotoran.

Shedding (pergantian kulit)
Seperti semua reptil, LG akan berganti kulit. Dalam beberapa hari sebelum shedding biasanya kulit akan berubah warna ke abu-abu keputihan tembus ato dove ato agak pucat. LG Dewasa umumnya berganti kulit rata-rata sebulan sekali, sementara baby dan remaja lebih sering melakukan pergantian kulit. LG akan makan kulit tua nya setelah terlepas dimaksud untuk menyerap protein dan vitamin yang tersisa untu pertumbuhan. Humid box bisa digunakan untuk membantu pelepasan kulit atau dengan cara di misting kadangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar