Sebagai binatang peliharaan, tentunya kita tidak mau landak mini kita terlihat jorok/kotor serta bau, disamping itu kotoran yang tidak dibersihkan dengan cara dimandikan tentu saja akan menyebabkan landak mini rentan terhadap penyakit (bakteri dan racun yang ditimbulkannya), bau, juga kutu. Landak mini lebih baik dimandikan dalam periode 2-4 minggu sekali (tidak boleh terlalu sering, kecuali dalam keadaan tidak normal seperti berkutu parah)
Cara Memandikan Landak Mini dapat anda pelajari dalam penjelasan di bawah ini:
PATUT DIKETAHUI SEBELUMNYA!!!,
jangan mandikan landak mini anda sebelum genap berusia diatas 2,5 bulan (dalam kondisi ukuran tubuh normal), karena apabila masi terlalu muda, kondisi kedinginan atau kepekaan terhadap air/sabun masih terlalu tinggi sehingga dapat menyebabkan landak mini kesayangan anda akan mengalami penurunan kondisi fisik / sakit karena flu, hilangnya nafsu makan, lemas dan lebih ekstrimnya bisa juga mengarah pada kematian.
Perlengkapan Memandikan Landak Mini
  1. Shampoo bayi atau shampoo kucing
  2. Sikat gigi
  3. Handuk kering / Hairdryer
  4. Air hangat
  5. Bak terbuka/baskom/wastafel
Langkah-langkah ( Cara ) Memandikan Landak Mini
Tahap 1. Letakkan landak mini secara perlahan dalam wadah/bak/wastafel yang telah terisi air hangat kira-kira setinggi badannya. Tidak perlu takut landak akan tenggelam karena dia salah satu hewan yang handal dalam berenang.
Tahap 2. Ketika duri dan seluruh tubuhnya basah, tuangkan shampoo secukupnya pada bagian-bagian tubuh lalu sikat dengan sikat gigi secara searah dan berulang. Awali dari area duri dan kulit punggung berlanjut ke kepala dan sebagian moncong (jangan kena hidung terlalu sering agar air sabun tidak masuk ke hidungnya atau tertelan) terakhir pada bagian dada dan kaki-kaki landak mini.
Tahap 3. Setelah dirasa cukup bersih, kemudian angkat landak dari wadah tadi,ganti air bekas mandi dengan air hangat baru, letakkan landak kembali ke bak/wadah tersebut sembari membilas sisa-sisa sabun ditubuhnya dengan air hangat
Tahap 4. Angkat landak, tepuk-tepuk dan usap tubuhnya dengan handuk kering,
Tahap 5. Lakukan pengeringan dengan hairdryer diseluruh tubuhnya secara berulang. Ingat!! Jika anda tidak memiliki hairdryer, bisa juga dengan dijemur dibawah terik matahari pagi (dibawah jam 10 pagi) sekitar 15 menit lamanya, sehingga tubuh landak benar-benar kering dan mencegah penempelan debu serbuk kayu yang berpotensi menimbulkan kerak kulit atau semacam ketombe.
Tahap 6. Landak udah cakep..tinggal tuannya yang giliran mandi…:P
Berikut video cara memandikan landak mini :

Demikian adalah cara dan langkah-langkah memandikan landak mini, semoga bermanfaat.