Minggu, 30 September 2012

Makanan Landak Mini


Makanan

Karena tergolong dalam insectivora (pemakan serangga), landak mini membutuhkan makanan yang berbasis protein tinggi. Idealnya kandungan dalam makanan landak mini adalah yang memiliki komposisi fat kecil (kurang dari 10%) dan protein yang cukup tinggi (28%-30%). Sebagai binatang peliharaan yang tentu saja jauh dengan keadaan pada habitat aslinya, di beberapa negara telah disediakan/diproduksi pakan khusus landak mini yang mengandung nutrisi penuh sesuai kebutuhan si landak mini tersebut.
Lain halnya di Indonesia, pakan landak mini yang memiliki kandungan nutrisi penuh secara khusus belum dijual maupun diproduksi. Namun anda tidak perlu bingung, anda bisa memberikan pakan primer (utama) untuk landak mini anda dengan dry catfood atau dogfood (layaknya ketika anda terbiasa makan nasi dan digantikan dengan ketela/jagung yang tentu saja kandungan dan fungsinya sama).
"Dry catfood atau dogfood ini juga digunakan sebagai pembangun otot, dan cadangan energi (bukan lemak), serta pakan ini dirasa yang paling aman untuk landak karena landak jg membutuhkan komposisi yang hampir sama. Tentu saja ada persyaratannya, yaitu jangan lupa untuk tetap memilih jenis pakan yang mengandung bau atau rasa daging yang intensitas “amis”nya cukup tinggi (bisa ayam, ikan, sapi, dll) sebagai pendongkrak nafsu makan dan naluri landak mini agar tetap normal dan bersemangat serta kandungan nutrisi seperti yang telah saya sebutkan diatas sebagai penyokong kesehatan dan kebutuhan aktifitasnya sehari-hari."

Di rumah saya, cenderung lebih menggunakan dry catfood dengan kandungan 30% Crude Protein, 9% Crude Fat, 4% Crude Fiber, 10% Moisture dengan berbahan dasar ikan tuna. Mayoritas catfood-lah yang memiliki komposisi rata-rata sebagai pemenuhan kebutuhan landak mini, namun pada beberapa produk dogfood juga ditemukan komposisi yang hampir sama seperti ini (jangan lupa untuk selalu melihat tabel kandungan gizi pada balik kemasan catfood atau dogfood yang anda pilih)
Sedangkan untuk kebutuhan sekunder/makanan selingan atau biasa disebut snack yang dapat diberikan adalah berupa Ulat Hongkong/Jerman, mealworm, jangkrik, kroto, buah-buahan ataupun sayuran (tergantung kesukaan dan pilihan dari setiap individu landak mini, karena landak mini juga merupakan salah satu hewan yang doyan pilih-pilih). Oleh karena makanan ini disebut sebagai makanan tambahan/ selingan, jadi sebaiknya tidak diberikan secara berlebihan dan terus menerus kecuali dalam keadaan khusus (sakit/turunnya nafsu makan/kurang gizi).
"Sekedar diketahui bahwa ulat hongkong/jerman yang umumnya paling sering diberikan pada landak mini, mengandung protein kasar 48 %, lemak kasar 40% , kadar abu 3 % , dan kandungan ekstrak non nitrogen 8%. Sedangkan kadar airnya mencapai 57 %. Meskipun memiliki protein cukup tinggi dan baik untuk stamina, namun kandungan lemak pada ulat hongkong yang juga cukup tinggi menyebabkan efek kegemukan pada binatang yang mengkonsumsinya dengan segala aspek ikutannya (mudahnya kematian akibat obesitas dan penyakit dalam lain)."


Namun biarpun “snack” ini hanya merupakan makanan selingan untuk landakmini, hukumnya adalah semi wajib untuk tetap diberikan pada landak kesayangan anda, karena:
  • Naluri/insting berburu mangsa dan keaktifan landak mini tetap perlu dilatih untuk tetap menjaga kesehatan fisiknya.
  • Landak mini juga memerlukan makanan yang segar/fresh
  • Kadangkala landak mini merasakan jenuh pada pakan primernya sehingga menjadikan dia mogok makan (akan nampak ketika beberapa hari pakan dalam wadahnya yang anda perhatikan tidak berkurang), sehingga anda perlu untuk menyelinginya dengan pakan tambahan sebagai alternative untuk menghilangkan kejenuhan tadi.


DOSIS PAKAN LANDAK MINI
Primer food: dapat diberikan secara bebas, biasanya berikan sekitar 2-4sendok makan setiap harinya untuk sepasang landak mini
Pakan selingan / “snack”: dapat diberikan setiap 3-7 hari sekali pada kondisi normal, atau setiap 2-3 hari sekali pada kondisi pertumbuhan (usia 1-2,5bulan) atau dalam masa kehamilan indukan dan menyusui karena mereka butuh banyak nutrisi untuk menyusui dan saat hamil.
Khusus untuk landak “obesitas” atau kegemukan, anda dapat mengurangi dosis primer food setiap harinya atau dengan cara berikan pakan hanya dalam waktu 15-20menit, setelah itu angkat beserta tempat pakannya. Untuk makanan tambahannya disarankan memberikannya hanya dalam jumlah yang sedikit. Tentu saja penanganan lainnya adalah anda harus sering mengajak landak “obesitas” tersebut untuk aktif bermain, bisa tetap dikandangnya (dengan pemberian mainan/jogging ball) ataupun berinteraksi dan mengajak dia main keluar kandangnya.

LARANGAN UNTUK PAKAN (jangan pernah berikan pakanan)

  • produk susu maupun coklat, karena pencernaan landak itu intoleransi laktosa (tidak tahan terhadap laktosa), dampaknya akan menyebabkan landak mencret/diare dan berujung pada kematian.
  • pakan yang bersifat asam, seperti jeruk, anggur/kismis, alpukat karena tentu saja akan mengganggu system pencernaan landak mini.
  • pakan yang mengandung pemanis, pengawet dosis tinggi, dan zat pewarna.
  • pakan yang sudah kadaluarsa/berjamur akibat terkena PUP atau PEE nya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar